Tips Merawat Wajah Selama Berpuasa

Ditulis tanggal 20 Mei 2018 dalam kategori Gaya Hidup, Tips Kecantikan

Sebenarnya merawat wajah selama berpuasa ataupun tidak itu mejadi perihal yang tak jauh berbeda. Hanya saja ketika sedang menjalani puasa, perihal menjaga kesehatan kulit ini memang membutuhkan usaha yang sedikit lebih intens. Pasalnya, dengan berpuasa artinya asupan cairan mulai dari pagi, siang hari, hingga petang juga berkurang. Terlebih bila kurang tidur dan kurang asupan makanan bernutrisi yang dikonsumsi baik saat sahur pun ketika berbuka. Kulit bisa menjadi kering dan lebih kusam.

Dalam menyiasati hal tersebut, ada banyak cara yang bisa ditempuh. Misalnya pada saat harus berjalan kaki di siang hari, menggunakan payung atau topi lumayan membantu kulit agar tetap terhidrasi. Kira-kira ada cara lain apa lagi yang bisa membantu merawat kulit selama bulan puasa?

Perawatan Seksama

Dalam merawat wajah selama berpuasa, kita musti memerhatikan kondisi cuaca yang sedang dijalani. Sebagai contoh, pada taun 2018, bulan puasa jatuh pada musim kemarau. Yaitu pada musim ketika matahari bersinar terik-teriknya. Karenanya, menjaga kelembaban dan kesehatan kulit saat terpapar matahari terik menjadi perihal yang tak bisa diabaikan.

Panjangnya jam berpuasa, panas, dan angin kering sampai tak bisa segera mengonsumsi cairan bisa mengakibatkan kulit menjadi rusak dan kering.
Jadi, mulai rawat kulit bahkan sebelum bulan puasa tiba. Gunakan pelembab atau lotion yang cocok untuk kulit. Gunakan pula sunblock dengan SPF 15 setidaknya 15 menit sebelum keluar. Diet juga bisa banget dilakukan untuk menjaga kulit sehat, yaitu dengan menghindari minuman bersoda atau yang mengandung gula tinggi, banyak konsumsi air putih dan buah-buahan.

Cleansing Routine dalam Merawat Wajah Selama Berpuasa

Hampir sepanjang hari kulit terpapar debu, panas matahari, polusi, dan temperatur ekstrim, penting bagi kulit untuk dibersihkan. Bisa menggunakan milk cleanser sebagai dasar. Namun sebaiknya jangan susu pembersih (milk cleanser) yang wangi. Pilih juga yang tidak berwarna dan yang memiliki merek dengan reputassi baik. Cuci bersih dan bilas wajah supaya segar.

Satu hal yang tak boleh dilupakan adalah merawat sekitar area mata untuk mengurangi sembab dan kantong mata berwarna hitam. Tempelkan dua kantong teh instan (tea bag) basah pun gunakan serum vitamin C saat malam hari jelang tiidur.

Tetap Terhidrasi Selama Ramadan

Kulit yang terhidrasi artinya cukup lembab dan tak kering. Mendapatkan kulit terhidrasi dengan cukuup minum air putih dan konsumsi jus buah segar. Kulit dan tubuh tak mendapatkan cukup cairan dan nutrisi selama berpuasa, sehingga butuh upaya ekstra untuk menjaga kesehatannya.

Catatan: hindari minum soda atau minuman berkarbonasi selama berpuasa. Pun kafein karena bahan-bahan tersebut akan mengakibatkan urinasi tinggi. Sehingga tubuh bisa terkena dehidrasi.

Hindari Makanan Ini

Ada pepatah kesehatan yang mengatakan you are what you eat. Hal ini pun berlaku pada bulan Ramadan. Selama menjalankan aktifitas berpuasa, hindari makanan berminyak, junk food, makanan cepat saji (fast food), makanan kaleng dan yang sejenis. Makanan-makanan tersebut bisa memiliki efek yang kurang baik untuk kulit.

Lebih baik konsumsi makanan-makanan yang memiliki efek baik bagi tubuh. Seperti misalnya buah-buahan, sayuran, ikan karena mengandung banyak vitamin dan minerah. Kebiasaan makan sehat dan rutin olahraga memberikan dampak yang begitu baik untuk kulit selama bulan puasa.

Produk Pelembab Kulit

Penyebab kulit kering dan rusak bisa dari paparan sinar matahari terik, polusi udara, dan bahkan ruang ber-AC. Kelembaban kulit yang turun drastis mengakibatkan kulit menjadi kering. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari hal tersebut. Yaitu, menggunakan hand body lotiion
tepat setelah mandi. Pergunakan juga pelembab bibir, setidaknya tiga atau empat kali dalam sehari. Untuk membersihkan wajah dari make up bisa digunakan pembersih yang mengandung susu (milk cleanser). Jangan lupa basuh dan bilas menggunakan air segar.

Bagaimana dengan Beauty Treatment?

Pada bulan biasa mungkin sudah terbiasa mendatangi klinik kecantikan untuk perawatan wajah. Apakah hal tersebut masih boleh dilakukan dalam merawat wajah selama berpuasa? Sebaiknya hindari perawatan yang menggunakan bahan kimia tinggi dan juga laser treatment. Tetapi perawatan kulit ringan seperti misalnya HIFU masih boleh dilakukan. [des]