Tips Mengatur Pola Makan Selama Puasa

Ditulis tanggal 15 Mei 2018 dalam kategori Olah Raga & Kesehatan

Pola makan selama puasa, khususnya pada bulan Ramadan, rutinitas yang kerap dijalani para pelakunya tentu saja adalah makan sahur dan berbuka puasa. Memang sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa berpuasa akan memberikan dampat positif bagi kesehatan. Misalnya, berpuasa dapat membantu menurunkan berat badan. Puasa juga membantu menurunkan atau mengontrol gula darah, sehingga berakibat baik bagi para penderita diabetes.

Selain efek kesehatan yang semakin membaik, masih banyak manfaat dalam melakukan ibadah tersebut. Puasa melatih self-control atau pengendalian diri, disiplin diri, pengorbanan, dan menumbuhkan empati terhadap orang lain yang hidupnya kurang beruntung.

Oleh karena itu, setelah berpuasa selama belasan jam, akan lebih baik jika perihal pola makan selama puasa ini juga dilengkapi dengan latihan disiplin dan kontrol diri. Menahan diri untuk tak memasukkan banyak makanan sekaligus begitu mendengar azan magrib adalah salah satu cara.

Apa Saja yang Harus Dicukupi dalam Penerapan Pola Makan Selama Puasa itu?

Di bawah ini adalah cara mengatur pola makan yang sehat, sehingga tidak rugi saat sudah berusaha menahan lapar, dahaga, dan nafsu-nafsu lainnya saat berpuasa.

1. Mencukupi Kebutuhan Air

Cukuplah minum air di antara waktu berbuka sampai saat sahur tiba. Temperatur tinggi atau siang terik membikin seseorang mudah berkeringat. Bila berpuasa, maka penting menggantikan cairan tubuh yang hilang tersebut. Saat berbuka puasa hindari minuman berkafein tinggi seperti kopi atau teh, dan minuman bersoda. Minuman berkafein tinggi mengakibatkan urinasi tinggi (mudah pipis), sedangkan minuman bersoda berkalori tinggi dan dapat mengakibatkan gula darah naik drastis.

2. Konsumi Buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan membantu tubuh terhidrasi selain dari konsumsi air minum.  Saat berbuka puasa hingga jelang sahur, konsumsi buah-buahan atau sayuran. Misalnya melon, mentium, atau tomat.

3. Menu Sahur

Ketika membahas perihal pola makan selama puasa, makan sahur tentu menjadi hal yang tak bisa diabaikan.

Karena sahur menjadi saat yang tepat untuk menyiapkan energi untuk berpuasa sehari penuh, maka sudah selayaknya memilih menu yang tepat. Contohnya adalah konsumsi karbohidrat kompleks yaitu buah dan sayuran, kacang-kacangan, buncis sehingga tubuh tetap berengergi meski sedang berpuasa.

Mengonsumsi produk rendah lemak seperti avokad, ikan salmon, juga olive oil atau virgin coconut oil juga baik untuk tubuh.

4. Menu Buka

Mengonsumsi makanan berbuka puasa yang tepat membantu menjaga kesehatan.

Sebaiknya konsumsi sayuran yang menyediakan vitamin dan nutrisi bagi tubuh. Nikmati juga daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, dan ikan-ikanan. Jenis makanan ini menyediakan protein sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Hindari makanan kaleng dan minuman yang mengandung gula tinggi. Nikmati makanan perlahan-lahan. Jangan makan berlebihan. [des]