Tips Memilih Yoga Mat

Ditulis tanggal 23 April 2018 dalam kategori Olah Raga & Kesehatan

Memilih yoga kini telah menjadi jenis olahraga yang banyak diputuskan banyak orang, selain aerobic, zumba, dan yang
lainnya. Sedangkan dalam yoga, salah satu peralatan penting yang dibutuhkan adalah alas atau yoga mat. Berbelanja yoga mat
untuk kali pertama bisa menjadi sebuah pengalaman yang membingungkan. Ada begitu banyak jenis bahan, ukuran, ketebalan dan yang lainnya. Semua ini membingungkan sekali untuk dipilih. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk memilih yoga mat sesuai dengan kebutuhan.

Memilih Yoga Mat Berdasar Material

Jenis material yang berbeda satu dengan yang lainnya sangat berpengaruh. Yoga mat merupakan alas yang harus tepat dipilih, karena berpengaruh pada keseimbangan (balanced) dan ketenangan saat berlatih.

  • PVC, yaitu Polyvinyl Chloride

PVC adalah bahan yang bersifat awet, lekat dengan baik dengan lantai, dan nyaman. Hanya satu kekurangan dari jenis material PVC ini adalah tidak ramah lingkungan.

  • Foam atau Busa

Foam adalah sejenis PVC namun bersifat lebih ramah lingkungan. Yoga mat jenis ini memiliki sifat yang sama dengan material PVC, hanya saja kekurangannya bila penggunanya alergi dengan bahan ini.

  • Rubber atau Karet

Adalah salah pilihan lain jenis yoga mat yang ramah lingkungan. Seperti yoga mat dari foam, tipe ini mengandung lateks. Bagi yang alergi dengan bahan lateks, sebaiknya tidak menggunakan jenis material ini.

  • Cotton atau Kapas

Cotton terkadang disebut sebagai tradisional yoga mat. Jenis material ini ramah lingkungan. Terlebih lagi jenis material yoga mat ini mampu menyerap keringat dengan baik dan mengurangi licin saat terkena tetesan keringat pada alas.

  • Jute atau Rami

Yaitu bahan yang hampir menyerupai yoga mat dari kapas. Jenis bahan ini tergolong awet. Namun, bila dibanding material dari cotton, bahan jute ini agak terasa lebih kasar dan daya serapnya kurang.

Memilih Yoga Mat Berdasarkan Ukuran

Beberap pelaku yoga bisa memilih yoga mat berukuran standar. Namun untuk yang memiliki tubuh yang lebih tinggi biasanya membutuhkan ukuran yoga mat yang lebih panjang. Saat membeli yoga mat, cobalah terlebih dulu dengan melakukan pose downward-facing dog, pose standar dalam beryoga. Bila tangan dan kaki pas menapak dan meregang sesuai ukuran
yoga mat, berarti ukuran panjangnya sudah pas.

  • Kelekatan

Lekat atau tidaknya yoga mat dengan lantai juga patut menjadi pertimbangan. Tentunya tergelincir karena yoga mat bergeser sangat dihindari sekali. Kelekatan atau stickiness membantu pose yoga terjaga lebih baik dan dapat dilakukan dengan maksimal.

Material PVC dan foam tergolong memiliki kelekatan paling baik. Sementara material rubber dan karet memiliki kelekatan tingkat sedang. Sementara kapas (cotton) dan rami (jute) memiliki kelekatan yang tidak begitu baik.

Demikian, yang pasti mengenai membeli yoga mat tak hanya tentang seberapa mahal harga dan jumlah uangnya. Namun juga tentang memilih alas yang tepat yang bisa membantu melakukan gerakan yoga dengan baik dan maksimal. [des]