Tips Memilih Kacamata yang Tepat

Ditulis tanggal 14 Maret 2018 dalam kategori Gaya Hidup, Tips Pakaian

Ketika dewasa ini banyak orang mengenakan kacamata sepertinya tak salah jika kita bahas pula perihal tips memilih kacamata yang tepat, sehingga tak terjadi hal yang nampak tak pantas dalam penampilan kita. Ya, mengenakan kacamata yang bagus bisa membantu meningkatkan penampilan. Dari yang biasa-biasa saja menjadi fashionable banget, apalagi jika ditambah dengan mengenakan aksesoris pakaiannya lainnya, seperti jaket jins ataupun sepatu kets.

Mengenakan kacamata ternyata tak bisa sembarangan. Apalagi ketika kacamata itu dibeli dengan harga mahal dan membutuhkan pengelolaan uang yang ketat, tentu kita harus pandai-pandai memilihnya. Karenanya, untuk menemukan kacamata yang tepat ada beberapa aturan yang perlu diketahui.

Ketika melihat dari sudut tujuan dalam menggunakan kacamata yang salah satunya adalah agar mendapatkan elegant looked, maka harus diketahui bagaimana bentuk wajah. Pasalnya, bentuk kacamata dan bentuk wajah saling berpengaruh satu sama lain.

Dua Pengetahuan dalam Tips Memilih Kacamata

Dua pengetahuan dasar yang perlu diketahui sebelum memilih kacamata adalah sebagai berikut;

  1. Pada umumnya bentuk kacamata harus berlawanan dengan bentuk wajah si pengguna.
  2. Bila menginginkan kacamata bisa terus digunakan, sila memilih bentuk klasik dengan model yang tak lekang oleh zaman.

Di bawah ini adalah panduan untuk menemukan bentuk kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah:

1. Wajah Persegi

Wajah persegi biasanya ditunjukkan dengan rahang yang kuat. Lebar rahang hampir sama dengan dahi. Hal ini juga akan menyebabkan dagu tak terlihat begitu jelas. Untuk tipe wajah persegi seperti ini, sila memilih kacamata dengan bingkai bundar.

Contoh:
Kacamata bundar penuh seperti yang sering dikenakan John Lennon atau Butet Kertaredjasa. Pilihan bentuk yang lain adalah kacamata model penerbang klasik.

2. Wajah Bulat

Wajah bulat ditunjukkan dengan bagian terluas dari wajah ada pipi. Batas rahang juga tidak terlalu tajam. Pilih kacamata hitam dengan bentuk persegi panjang. Jenis ini akan memberi ilusi wajah bulat menjadi lebih tajam. Selain itu juga akan membuat wajah menjadi lebih tirus.

Jika memiliki kulit atau rambut berwarna gelap, bisa juga memilih kacamata dengan lensa berwarna hitam atau warna-warna gelap. Namun jika memiliki kulit atau rambut berwarna terang, sila memilih kacamata dengan lensa cokelat atau kuning.

3. Wajah Lonjong

Wajah lonjong biasanya ditunjukkan dengan wajah yang panjang dan tidak lebar. Tips memilih kacamata untuk tipe wajah lonjong ini, sila ambil kacamata yang memiliki frame dengan rasio 1:1 pada lebar dan panjangnya.

Usahakan jangan memilih kacamata muka dengan lebar yang sampai menutui wajah.

4. Wajah Segitiga

Tipe wajah segitiga ditunjukkan dengan bentuk dagu yang cenderung licip/tajam. Ukuran dahi juga cenderung lebih lebar ketimbang ukuran dagu. Karenanya, sila memilih kacamata berbentuk persegi panjang, fungsinya untuk menyeimbangkan
ukuran dagu dengan dahi. Ukuran frame dan lensa yang mungil atau kecil sangat disarankan. Namun, jika memiliki jenggot yang panjang, lensa dengan ukuran besar tidak menjadi masalah. [des]