Tips Membersihkan Wajan Berkerak

Ditulis tanggal 15 April 2018 dalam kategori Gaya Hidup, Tips Kebersihan

Membersihkan wajan berkerak seolah menjadi hal yang terlupakan tatkala kegiatan masak-memasak sudah selesai! Pasalnya yang nampak di depan mata adalah makanan lezat sudah disajikan – bahkan sudah disantap bersama anggota keluarga kesayangan.

Membersihkan wajan berkerak memang menjadi hal yang menjengkelkan. Apalagi kerak tersebut disebabkan masakan yang gosong – lupa mengangkat atau apinya terlalu besar. Namun yang pasti, mencuci wajan berkerak tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Menggosok permukaan wajan dengan terlalu kuat bisa mengurangi fungsinya. Terlebih jika wajan yang digunakan adalah jenis teflon.

Tetap tenang, masih ada cara-cara spesial yang bisa digunakan untuk membersihkan wajan berkerak tanpa harus merusak permukaannya. Berikut ini adalah tips membersihkan wajan berkerak.

1. Membersihkan Wajan Berkerak dengan Baking Soda

Tabur baking soda secukupnya pada bagian wajan yang berkerak. Kemudian rendam dengan air. Aduk rata dan diamkan selama 15 menit hingga 30 menit. Ulang dalam beberapa langkah bila perlu – buang air yang lama, masukkan lagi rendaman air baking soda, dan diamkan. Setelah perlakuan, bagian yang berkerak utamanya gosong hitam yang menempel kuat akan lepas sendiri dari permukaan atau pantat wajan. Selain baking soda, perihal membersihkan wajan berkerak ini juga bisa menggunakan garam meja dengan perlakuan yang sama.

2. Menggunakan Cuka Apel atau Vinegar

Tuang cuka apel dalam jumlah secukupnya hingga menutupi bagian wajan yang berkerak. Kemudian panaskan di atas kompor hingga mendidih. Bagian berkerak hitam yang menempel pasti akan lepas dengan sendirinya. Murah dan tidak merusak piranti memasak. Bila tak ada cuka apel, bisa gunakan perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis.

3. Pergunakan Saos Tomat

Tuang saos tomat botolan (atau bisa juga kemasan saset – tergantung mana yang tersedia) pada bagian berkerak di wajan. Biarkan atau endapkan semalaman. Keesokan harinya barulah bilas dengan air. Bagian yang menempel dan kotor itu akan lepas dengan mudah. Asamnya saos tomat mengurangi lekat pada bagian berkerak di wajan.

4. Sabun Cuci Pun Bisa

Membersihkan wajan berkerak bisa pula menggunakan sabun cuci. Sila menuangkan sabun cuci pada wajan. Tuang pula air panas lalu aduk hingga rata. Biarkan hingga air menjadi dingin. Setelah itu barulah gosok perlahan bagian yang berkerak. Bagian hitam yang menempel bisa jadi agak susah lepas, namun dengan usaha yang pelan-pelan dan hati-hati wajan akan kembali bersih.

5. Soda

Rendam wajan yang berkerak menggunakan air soda, bisa menggunakan Coca-Cola. Diamkan saja selama beberapa jam atau semalaman. Keesokan hari kerak yang menempel akan terlepas dengan sendirinya. Gunakan spons lembut untuk menggosok kerak di wajan. Setelah itu cuci biasa. Bilas dengan air hingga bersih. [des]