Pilah-Pilih Busana Hari Raya Idulfitri

Ditulis tanggal 24 Mei 2018 dalam kategori Gaya Hidup, Tips Pakaian

Busana hari raya Idulfitri menjadi perihal yang sering dibicarakan pada bulan puasa, karena sebagian mayarakat memiliki kebiasaan berbelanja baju baru selama bulan Ramadan untuk menyambut hari raya Lebaran. Kebiasaan ini muncul tanpa sadar, seolah sudah terpatri di benak kalau hari raya harus mengenakan pakaian baru. Hal ini barangkali muncul karena melihat rona ceria dari anak-anak yang mengenakan pakaian baru saat hari Idulfitri.

Sebagai orang dewasa tentu saja tak layak memiliki pemikiran seperti anak kecil. Lebaran atau hari raya sesungguhnya tak selalu identik dengan mengenakan baju baru. Tiada keharusan menerapkan istilah busana hari raya Idulfitri. Lebih dari itu, mengenakan pakaian lama yang kondisinya masih baik pun sebenarnya tak menjadi masalah. Selain tak membiasakan diri untuk boros, mengenakan koleksi pakaian yang lama akan melatih diri untuk berhemat.

Hari Raya Idulfitri bukan mengenai apa yang dikenakan, namun lebih pada perilaku baik, senyum manis, dan menebarkan kasih sayang di hari penuh maaf-memaafkan.

Busana Rari Raya Idulfitri Baiknya Gimana?

Di bawah ini adalah tips menjadikan koleksi pakaian lama kita layak dikenakan saat hari raya Idulfitri

  • Tak Usah Memaksakan Biaya Lebih

Dengan kemeriahan berlebaran dan keceriaan wajah karena telah meraih hari kemenangan, maka tak sedikit orang rela menghambur-hamburkan uang untuk membeli pakaian. “Ah cuma setahun sekali ini!” Kalimat seperti itu menjadi dalih pembenaran. Padahal lebaran bisa disikapi dengan tetap menjadikan pakaian lama lebih menarik dan tak butuh biaya lebih. Langkah mudah dan sedikit imajinasi bisa diterapkan, salah satunya dengan memadu-padankan busana lawas menjadi sebuah outfit hari raya yang memesona.

  • Mengenakan Abaya

Saat pagi hingga siang hari di hari raya Idulfitri, abaya (gamis atau dress panjang) bisa menjadi pilihan untuk dikenakan. Tambah pula dengan mengenakan aksesoris berbeda di setiap kesempatan. Bedakan antara aksesoris yang dikenakan saat siang dan malam hari.

  • Ubah Mode Berhijab

Memikirkan busana hari raya Idulfitri bagi kaum perempuan, sejatinya tak usah muluk-muluk dalam menurutinya. Karena dengan mengubah cara berhijab dengan mode yang lebih atraktif dan menarik juga bisa dilakukan. Ada banyak mode dan cara bisa dijadikan refferensi, misalnya dengan melihat tutorial hijab di instagram ataupun Youtube untuk mencontek gaya berhijab yang pas. Usahakan jangan takut untuk bermain warna.

  • Tak harus abaya atau gamis

Mash perihal busana hari raya Idulfitribagi kaum perempuan. Pada hari raya tersebut tak harus mengenakan abaya ataupun gamis, namun kemeja yang ditutup dengan blazer bisa menjadi pilihan lain. Bisa pula menambahkan bros sebagai pemanis.

  • Aksesoris

Aksesoris berupa kalung perang berukuran panjang dengan desain menarik bisa menjadi pemanis busana lawas yang dikenakan saat hari raya. Bros dan peniti menarik bisa menjadi alternatif pilihan.

  • Skarf sebagai Salah Satu Busana Hari Raya Idulfitri

Skarf asyik juga dikenakan sebagai tambahan pemanis pakaian. Jenis skarf yang biasanya jarang dikenakan, akan memberikan kesan baru pada koleksi pakaian lawas.

Menahan diri saat puasa, tak berlebihan saat berbuka, dan tetap sederhana dalam berpakaian saat hari raya, semoga menjadikan kita semakin bertambah keimanan dan ketakwaannya.