Tips dan Trik Memotong Ikan Salmon

Ditulis tanggal 5 Januari 2016 dalam kategori Tips Makanan

Ikan laut memang banyak manfaatnya. Selain terkenal dengan protein yang sangat tinggi dan menyehatkan, ikan laut juga lezat dikonsumsi. Bahkan hanya ikan lautlah yang layak dikonsumsi mentah maupun matang. Namun ternyata tidak semua ikan laut itu sehat. Ikan laut yang kecil bahkan lebih berbahaya karena mengandung racun merkuri yang tercemar di laut. Ikan kecil ini terkena paparan merkuri juga mengkonsumsi ganggang dan lainnya yang sudah tercemar.

Ketika ikan sedang memakannya, kandungan merkuri tadi bukan hilang melainkan masuk pada ikan tersebut. hidup ikan salmonIni berlangsung hingga ikan besar lain sesuai dengan rantai makanan. Jadi sebenarnya konsumsi ikan juga perlu diperhatikan mengingat pencemaran lingkungan yang sedang terjadi. Namun jangan khawatir, ada jenis ikan yang aman untuk dikonsumsi yaitu ikan salmon. Ikan jenis ini banyak bergerak sehingga racun-racun yang mengendap bisa didetoksifikasi oleh dirinya sendiri.

Ikan ini bisa dikonsumsi dalam bentuk yang matang maupun mentah. Nah, jika Anda tertarik untuk mengolahnya, maka Anda perlu memperhatikan teknik berikut untuk memaksimalkan potongan ikan hingga tidak ada sedikitpun bagian ikan yang sia-sia. Mengingat harga ikan ini juga cukup mahal karena tidak hanya bisa hidup pada iklim tertentu saja. Maka simaklah beberapa trik dan tips memotong ikan salmon.

Siapkan alat yang digunakan

Siapkan alat yang digunakan terlebih dahulu sebelum memulai memotongnya. Usahakan semua peralatan sudah tersedia hingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan meninggalkan ikan salmon dalam kondisi setengah jadi. Tidak banyak alat yang digunakan, hanya 3 alat yaitu:

  • Pisau Filletpisau ikan salmon
    Pilihlah pisau fillet yang lentur, tajam namun kuat. Ini sangat disarankan karena ikan-ikan tadi merupakan ikan dengan daging yang tebal dan kenyal.
  • Pinset
    Pilihlah pinset dari logam. Pinset ini akan digunakan untuk mengambil duri dari daging ikan salmon. Maka perhatikanlah kekuatan dan kelancipan dari pinset agar pekerjaan Anda lebih mudah.
  • Gunting
    Pilihlah gunting yang kuat karena gunting ini akan digunakan untuk memotong sirip, dan sayap juga bagian-bagian kecil dan tajam yang lain yang masih tertinggal pada daging ikan salmon .

Potong kepala ikan

kepala ikan salmonPerhatikan sudut kepala ikan dari samping. Anda akan mengikuti sudut tersebut untuk memotongnya. Potong kepala ikan sesuai sudut tersebut dari satu sisi hingga separuh bagian. Kemudian baliklah ikan dan potonglah pada sisi kepala ikan dengan sudut yang sama. Pada bagian ini hentakanlah pisau hingga kepala ikan terpisah dari badannya.

Potong ikan menjadi 2 bagian

Perhatikan bagian atas dari ikan Salmon. Maka akan terlihat tulang belakang ikan yang sedikit menonjol. Tulang tersebut akan menjadi panduan Anda dalam memotong ikan menjadi 2 bagian. Potonglah dengan yakin dari bagian depan hingga ekor ikan. Pada ekor akan tertinggal tulang yang lebih besar, maka tetap potonglah hingga ekor. Perhatikan, Anda harus meletakkan pisau lekat dengan tulang dalam menarik dan memotongnya. Tujuannya agar potongan dan tulang lebih mudah dipisahkan.

Bersihkan sisa potongan dan bersihkan durinyaduri ikan salmon

Setelah menjadi 2, bersihkan sisa potongan pada samping kanan dan kiri dengan memotongnya perlahan. Potongan ini bisa Anda gunakan pada masakan lain, jika tidak ingin dibuang. Kemudian bersihkan duri pada ikan satu demi satu dengan pinset.

Hilangkan kulit (*optional)

Jika kulit tidak diperlukan seperti saat membuat sushi, maka hilangkanlah kulit ikan. Caranya dengan menekan bagian belakang ikan lalu memotongnya hingga menyentuh kulit. Kemudian geserlah pisau dengan tepat ke arah depan hingga kulit terlepas. Teknik ini sama seperti memisahkan tulang dari daging. Dekatkan pisau dekat dengan kulit lalu geser hingga terlepas.

Potonglah kecil

Setelah selesai potonglah ikan tadi sesuai ukuran yang diinginkan. Fillet menyamping akan membuat ikan Salmon mudah untuk dibumbui dan matang merata saat dimasak. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.