Tips dan Trik Membuat Telur Dadar Orak-arik Spesial

Ditulis tanggal 8 Januari 2016 dalam kategori Tips Lain-Lain

Hampir semua orang suka dengan telur. Baik untuk makan pagi, siang dan malam. Resep yang satu ini adalah kesukaan anak-anak dan bahkan orang dewasa saat sarapan. Pagi adalah waktu dimana semua orang bersiap untuk megawali hari. Aktivitas yang begitu padat dan harus diselesaikan dalam waktu singkat membuat resep ini dicintai. Selain karena mudah dan cepat cara memasaknya, resep ini menghadirkan nutrisi yang cukup untuk aktivitas pagi dan rasa yang enak dan ringan.

Cara memasak telur dadar orak-arik ini sebenarnya sederhana. Namun bagi orang yang tidak mengetahui tekniknya, hal ini pasti menjadi sesuatu yang sangat menyulitkan. Bisa jadi, telur menjadi kurang matang, masih cair atau bahkan gosong. Maka dengan mengetahui tekniknya, bukan hanya resep telur dadar orak-arik ini akan mudah dibuat, namun manfaatnya juga bisa Anda dapatkan dengan lebih sempurna.

Buatlah telur kocok yang sempurnaadonan telur dadar orak arik

Pertama, masukkan 2 telur ke dalam 1 mangkuk. Kemudian tambahkan 1 sendok makan air matang. Kocoklah telur dan air tersebut dengan garpu hingga tercampur merata. Air di dalam campurannya akan membuat telur menjadi lebih mudah menyatu, lembut dan lebih encer. Jadi, jika Anda lebih menyukai telur yang lebih padat dan renyah, tidak perlu menambahkan air tersebut. Namun pada beberapa percobaan untuk resep ini, telur dadar orak-arik memang lebih lembut jika ditambahkan air pada ulenannya.

Masaklah dengan perlahan dan api minimal

Jika Anda memiliki kompor yang bisa di setting apinya, pilihlah medium low. Namun jika tidak, perkirakan saja api yang akan digunakan kecil namun merata. Kemudian tamahkan minyak kelapa padat sebanyak 1 sendok teh ke dalam penggorengan/ teflon. Penggunaan minyak kelapa ini ditujukan untuk mengurangi kadar minyak dan lemak pada makanan, lagipula rasa manisnya menambah cita-rasa yang nikmat pada makanan.

goreng telur dadar orak arikDengan minyak kelapa, energi yang didapat dari makanan benar-benar sempurna dan tidak membuat ngantuk dan gemuk. Namun, jika memang tidak ada minyak kelapa, Anda tetap bisa menggunakan minyak atau margarin untuk menggirang telur dadar orak-arik ini. Tambahkan 1 sendok teh margarin atau 1 sendok makan minyak untuk menggantikannya. Ratakan pada dasar teflon/ penggorengan hingga semua permukaan tertutup dengan minyak.

Masukkan telur untuk di goreng

Setelah panas, masukkan telur yang sudah dikocok tadi ke dalam penggorengan/ teflon. Bumbui telur tadi dengan sedikit garam, kira-kira setengah sendok teh. Garam adalah satu-satunya bumbu yang digunakan selain minyak kelapa, ini mengapa resep ini tergolong resep mudah namun sehat. Perhatikan pinggir telur hingga sedikit memadat. Ketika sudah terlihat demikian, maka mulailah aduk/ orak-arik telur ke sisi dalam.

Maka telur yang belum memadat akan keluar menuju pinggir teflon. Ulangilah beberapa kali hingga telur menjadigaram telur dadar orak arik terlihat benar-benar memadat. Jika Anda ingin telur dadar orak-arik setengah matang seperti ini, maka langsung matikan kompor. Aduklah sebentar untuk mematangkan telur pada bagian tengahnya dengan panas kompor yang sudah mati. Dan telurpun siap dihindangkan. Pada kematangan ini, telur akan terasa lebih lembut sempurna dan enak bahkan jika dihidangkan tanpa nasi.

Nah, namun jika Anda lebih suka telur dadar orak-arik yang lebih krispi pinggirnya. Jangan langsung matikan kompor. Aduklah telur tersebut sekitar 1 menit hingga mendapat kematangan yang diinginkan. Jika warna sudah sedikit cokelat pada pinggir dan beberapa bagian di tengahnya, telur dadar orak-arik ini pun siap dihidangkan. Nah, baik matang maupun setengah matang, telur ini akan memberikan nutrisi yang sempurna bagi Anda untuk mengawali aktivitas di pagi hari. Selamat mencoba!